Minggu, 08 November 2015 | By: Septi

Puding Nasi

November itu awal musim hujan. Awal tidurku mulai mengenakan selimut tebal lagi. Sebelum mendekati suasana yang super dingin, aku mau mencoba-coba membuat sesuatu yang enak dan segar dimulut tapi engga perlu keluar rumah buat cari bahan-bahannya dengan kata lain "ngirit atau kereatif" hehehe. 

Aku sudah lama tertarik pengen bikin puding nasi, resepnya mba Endang pemilik blog justtryandtaste.com. Fotonya menarik banget, lembut. Aku cek bahan-bahan yang ada di dapur, cukup komplit buat bikin puding nasi meskipun engga ada kayu manisnya. Tapi tetep endes kok.

Niatnya bikin puding paling satu cup, tapi entah kenapa setelah semua bahan-bahannya dicampur, jadi banyak banget. Bisa untuk 4 cup. Yang pertama harus dilakukan adalah siapkan tangan yang kuat buat mengaduk. Lalu siapkan bahan-bahannya.
- 150 gram beras
- 500 ml air
- 750 ml susu cair
- 1 sendok teh vanila ekstrak
- 1/2 sendok teh garam
- 200 gram gula pasir

Siapkan beras, pilih yang pulen ya biar bener-bener smooth. Cuci hingga bersih.
Siapkan panci, kalau bisa yang anti lengket biar gampang ngaduknya. Masukkan beras, air dan susu cair. Rebus dengan api kecil dan harus selalu diaduk biar engga gosong. Aduk-aduk terus hingga nasi benar-benar lunak. 


Kalau beras sudah lunak, masukkan gula pasir, vanila ekstrak dan garam. Aduk hingga merata dan jika kurang manis, silahkan ditambah gula lagi. 

Puding nasi

Setelah tercampur semua, angkat dan masukkan didalam cup. Taruh didalam kulkas, sajikan saat sudah dingin. Cocok sekali dimakan saat matahari ada diatas kita. Karena engga ada bubuk kayu manis, aku kasih sedikit bubuk coklat, biar engga terlalu polos. Saranku, lebih baik dikasih bubuk kayu manis biar lebih endes.

0 komentar:

Posting Komentar

Makasih ya dah komentar di Life is adventure