Jumat, 02 Januari 2015 | By: Septi

Perpustakaan Daerah Purbalingga

Buku adalah jendela dunia. Apakah kiasan seperti itu masih dipakai di era internet sekarang ini? Harusnya masih dipakai. Karena di beberapa daerah masih tetap mempertahankan tempat perkumpulan buku atau yang biasa disebut perpustakaan. Seperti perpustakaan daerah Purbalingga. 
Papan nama perpustakaan Purbalingga

Dulunya perpustakaan Purbalingga terletak di sebelah utara alun-alun, masih manual, hanya ada satu ruangan dan agak sempit (aku engga punya foto perpustakaan yang dulu). Meski sempit, tapi karena strategis jadi banyak pengunjung. Beberapa tahun yang lalu saat menunggu adikku estrakurikuler karate, aku pasti larinya ke perpus.
Sekarang perpustakaan daerah Purbalingga sudah pindah, letaknya di Jl Dipokusumo No 7A Purbalingga, Telp. 0281-896411, engga tau jalan itu? Di alun-alun, kamu cari kantor pos, di sebelah kantor pos itu ada jalan, kamu lewat jalan itu sekitar 100 meter ada pertigaan, kamu belok kanan. Perhatikan kiri jalan saja! Perpustakaannya ada di kiri jalan.

Perpustakaan daerah Purbalingga sudah menggunakan kartu digital, dah kayak kartu atm lho... bikinnya cepet lagi. Syaratnya cuma fotokopi ktp, mungkin jika anggota baru akan dikenakan biaya. Karena aku senior anggota lama, aku cuma disuruh ngumpulin fotokopi ktp, trus foto deh. Lihat nomor anggota 7569, Pustakawannya sampai tanya, ini bikin tahun berapa? sekarang anggotanya sudah 20 ribu lebih lho. Karena ingatanku yang begitu buruk, ditanya seperti itu jelas jawabanku hanya "lupa" dengan senyum manis.

Jika akan masuk perpus, anggota harus mengisi biodata diri di komputer yang disediakan. Yang sudah menjadi anggota, pilihlah menu anggota, yang belum menjadi anggota, pilihlah menu pengunjung.
Pelayanannya? Senin sampai sabtu perpustakaan selalu buka, minggu libur. Ini jadwalnya


Jadwal pelayanan


Wajid isi daftar pengunjung
Pustakawan

Sepertinya para pustakawan memang memikirkan kenyamanan pengunjung. Mereka menyediakan loker yang mudah dijangkau oleh para pengunjung. Kunci loker dibawa setiap pengunjung, jadi pengunjung tidak perlu takut barang bawaannya akan hilang. 

Loker


Ruang buku yang super rapi, hanya menurutku agak sedikit sempit. 


Tempat buku
Ruang baca yang terang, bersih, sunyi dan nyaman bisa membuatku betah seharian di perpus. Bahkan ada ruang baca khusus anak-anak. 

Ruang baca 1


Ruang baca 2
Ruang baca anak-anak

Toilet


Bagi warga purbalingga atau pun bukan warga Purbalingga, silahkan berkunjung ke Perpusda Purbalingga. Koleksinya cukup lengkap. Happy Reading ya...

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Tanggal merah libur ngga mb?

Anonim mengatakan...

Berapa biaya bikin kartu anggota baru ka?

Posting Komentar

Makasih ya dah komentar di Life is adventure